Forkom Pantau PPDB di 5  Sekolah, Jalur Prestasi Khusus Tahfidz Masih Belum Terisi

  • Jumat, 01 Juli 2022 - 22:10:10 WIB | Di Baca : 1927 Kali

 

Seriau,- Forum Komite SMAN/SMKN dan SLB Provinsi Riau memantau hari terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN dan SMKN. Lima sekolah yang menjadi pantauan tim pemantau Forkom yakni SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 3 Pekanbaru, SMKN 1 Pekanbaru, SMAN 9 Pekanbaru dan terakhir SMAN 1 Pekanbaru.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Forum Komite SMAN/SMKN dan SLB Provinsi Riau Delisis Hasanto ini langsung menuju SMKN2 Pekanbaru. Di sekolah yang berada di Jalan Pattimura ini, rombongan Forkom disambut Ketua PPDB SMKN 2 Pekanbaru Wawan dan beberapa panitia.

Tidak menyia nyiakan waktu, rombongan Forkom langsung melihat ruang operator PPDB yang diisi sekitar 25 orang petugas operator PPDB. Beberapa pengurus Forkom sempat tanya apa kendala yang dihadapi sekolah, namun yang menjadi perhatian Forkom belum terisinya jalur prestasi khususnya tahfidz yang mempunyai persentase 5 persen." Tadi sempat kita tanya sama panitia masih belum terpenuhi. Ada beberapa jurusan yang memiih jalur tahfidz minimal 3 juz, tapi harus melampirkan sertifikat dari LPTQ Provinsi," kata Delisis di dampingi beberapa pengurus Forkom SMAN/SMKN Provunsi Riau disela kunjungan di SMKN 2 Pekanbaru, Jumat (1/7).

Setelah berapa lama ngobrol dengan ketua panitia dan operator mengenai PPDB, rombongan Forkom selanjutnya bergerak ke SMKN 3 Pekanbaru. Sekolah yang berada di Jalan Dr. Sutomo ini, tim pemantau dari Forkom disambut oleh Kepala SMKN 3 Pekanbaru Hj. Rita Johan. Tidak membuang waktu, tim pemantau PPDB menuju ruang operator PPDB. Lagi lagi, tim menanyakan kepada operator jalur tahfidz berapa orang yang mendafar." Sama juga di SMKN 2 Pekanbaru, hanya ada beberapa orang yang mendaftar melalui jalur tahfidz. Tapi persentase masik kecil dari kuota 5 persen yang disiapkan," kata Delisis didampingi Ketua Tim Pemantau Forkom Dr. Achmad Tavip.

Kepala SMKN 3 Pekanbaru Hj. Rita Johan mengatakan jumlah siswa yang mendaftar hingga hari ini sebanyak 761 pendaftar dengan jurusan yang paling banyak diminati yakni Tata Boga." Ya, PPDB tidak ada kendala, cuma ada tadi kendala pembatalan oleh pendaftar yang salah jalur. Itupun tidak banyak. Sedangkan jalur tahfidz yang telah diverifikasi baru 4 orang," kata Rita Johan.

Setelah berbicang dengan kepala sekolah dan ketua panitia PPDB SMKN 3, tim langsung menuju SMKN 1 Pekanbaru dan disambut dengan ketua panitia PPDB. Tim pemantau ini juga menanyakan beberapa hal, salah satu jalur tahfidz, apakah terisi atau tidak. Namun di SMKN 1 ada satu orang yang mendaftar jalur tahfidz 20 Juz dan langsung diapresiasi oleh Forkom." Dari 3 orang yang mendaftar, ada satu orang yang tahfidz 20 Juz dan ini sangat luar biasa," kata Delisis 

Setelah tiga SMKN yang dikunjungi  tim Forkom, rombongan meninjau PPDB di SMAN. Dua sekolah yang di pantau oleh Forkom yakni SMAN 9 Pekanbaru dan SMAN 1 Pekanbaru. Secara garis besar, hasil pemantauan  hari terakhir di lima sekolah yang di kunjungi, semuanya berjalan aman dan lancar, namun ada juga kendala, tapi bisa diselesai oleh sekolah." Ya dari 5 sekolah, PPDB berjalan aman dan lancar. Panitia PPDB bekerja dengan semangat, pengaduan dilayani dengan baik. Bahkan, ada laporan dari kepala sekolah, pantia yang memverifikasi berkas, pulangnya hingga sore hari karena begitu banyaknya berkas pendaftaran yang diverifikasi," kata pemerhati pendidikan Riau ini (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar